Categories: Artikel

4 Cara Replace Toner Mesin Fotocopy

Untuk memenuhi aktivitas percetakan di berbagai bidang, mesin fotocopy sangat dibutuhkan keberadaannya. Oleh karenanya, saat ini fotocopy menjadi salah satu ide usaha yang menguntungkan terutama di tempat tertentu seperti sekolah dan perkantoran. 

Tetapi bagaimana jika ada masalah dengan mesin dan memunculkan pesan replace toner mesin fotocopy? Tidak perlu panik, dalam artikel kali ini CV. Citra Kencana Abadi akan memberikan informasi untuk mengatasinya. 

Bagaimana Cara Mengatasi Pesan Replace Toner Mesin Fotocopy Canon?

Saat kondisi mesin fotocopy membutuhkan ganti toner, LCD atau layar mesin akan menunjukkan peringatan replace waste toner. Sebagian besar permasalahan pesan replace toner mesin fotocopy disebabkan oleh limbah pada mesin yang sudah penuh dan cartridge tidak dapat lagi menampungnya. Untuk itu, lakukan cara di bawah ini agar mesin fotocopy dapat berfungsi dengan normal kembali:

1. Buang Limbah 

Cara mengatasi masalah replace toner mesin fotocopy pertama adalah membuang limbah tonernya. Langkah yang harus dilakukan untuk membuang limbah toner ini cukup mudah. Anda hanya perlu membuka bagian toner dan membuang isinya. Lokasi toner berada di bagian samping mesin fotocopy,  jadi Anda tidak perlu takut untuk mengeluarkannya sebab tidak dibutuhkan aktivitas pembongkaran apa pun. 

Baca Juga: Barisan Merk Toner Fotocopy Yang Bagus

2. Mengecek Bagian Cover

Sudah mencoba membersihkan bagian limbah toner tetapi masih muncul pesan tersebut? Coba cek apakah sebelumnya Anda telah menutupnya dengan benar. Pastikan pula cover tertutup dengan rapat dan kencang sebab hal tersebut dapat memengaruhi bagaimana mesin fotocopy mendeteksi toner di dalamnya. 

3. Mengecek Kuncian Cover

Beberapa tipe mesin fotocopy Canon memiliki total kuncian sebanyak 3 kuncian saat memasang cover. Apabila cover telah terpasang, jangan lupa untuk mengecek bagian kuncian cover

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Mengisi Toner Mesin Fotocopy dengan Mudah

Sebab meski hanya satu kuncian yang terlewat, mesin fotocopy tetap akan memunculkan informasi replace toner. Oleh karena itu, pastikan kuncian cover yang berada di samping sebanyak 2 kuncian dan di bawah mesin sebanyak 1 kuncian telah terpasang sempurna. 

4. Membersihkan Toner Melalui Sistem Mesin Fotocopy

Sebenarnya, Anda dapat membersihkan toner dan menghilangkan pesan replace toner mesin fotocopy melalui sistem. Pada dasarnya, langkah ini merupakan semacam proses reset mesin fotocopy. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, pencet angka *28* lalu klik copier. Selanjutnya pilih counter dan klik pada pilihan misc. Layar akan menampilkan layar baru, dalam hal ini Anda dapat memilih ws toner dan clear. Selanjutnya klik OK untuk memproses permintaan.
  • Kedua, coba untuk mematikan mesin dan tunggu beberapa saat. 
  • Ketiga, hidupkan kembali fotocopy dan cek apakah pesan replace toner sudah hilang atau belum. 

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Membuang Toner?

Saat membuang limbah toner, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Cartridge toner sebagai salah satu bagian dari laser fotocopy tidak boleh dibuang di sembarang tempat, apalagi pada tempat yang berdekatan dengan api. Hal ini dikarenakan isi toner yang tersisa pada cartridge dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan kecil jika terkena api. 

Dalam melakukan penyimpanan toner fotocopy, pastikan untuk meletakkannya pada tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak. Sebab, toner memiliki bentuk seperti bubuk dengan partikel kecil dan zat berbahaya jika terhirup atau bahkan terkena mata. 

Hal tersebut juga yang mengharuskan Anda untuk berhati-hati saat melakukan penggantian toner. Usahakan untuk selalu menggunakan sarung tangan saat memegang toner atau membersihkan area yang berkaitan dengan toner. 

Apabila toner terkena tangan atau pakaian, Anda harus segera mencucinya dengan air agar tidak meninggalkan bekas noda yang permanen. Jika tidak sengaja menumpahkannya, Anda dapat membersihkan dengan kain yang halus secara berhati-hati untuk menghindari bubuk toner beterbangan dan terhirup. 

Demikian tadi merupakan informasi mengenai cara mengatasi pesan replace toner mesin fotocopy yang tepat sesuai dengan permasalahan yang terjadi pada komputer. Pastikan Anda selalu melakukan pembersihan limbah toner secara rutin dan melakukan penggantian toner saat mesin dalam keadaan mati. 

Apabila Anda membutuhkan toner berkualitas untuk mesin fotocopy Canon, pastikan Anda membelinya di distributor resmi Canon seperti CV. Citra Kencana Abadi. Kualitas toner yang digunakan akan memengaruhi kinerja mesin fotocopy dan hasil cetak. Jadi, selalu gunakan produk berkualitas yang disediakan oleh CV. Citra Kencana Abadi.  

Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. CV. Citra Kencana Abadi memberikan pelayanan terbaik dan produk yang berkualitas, namun tetap dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi CV. Citra Kencana Abadi dan dapatkan paket usaha yang menguntungkan untuk Anda.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago