Artikel

Hasil Fotocopy Belang? Berikut 6 Cara Mengatasinya

Mesin fotocopy berfungsi untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Banyak perusahaan memanfaatkan perangkat teknologi ini untuk menunjang aktivitas pencetakan dokumen. Sayangnya, terkadang hasil fotocopy belang atau berkualitas buruk justru membuat aktivitas terhambat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hasil fotocopy belang.

Saat ini, mesin fotocopy menawarkan banyak fitur menarik layaknya sebuah printer. Bedanya dengan printer, penggunaan tinta toner pada mesin fotocopy tentunya memakan biaya yang lebih sedikit. Jika ingin menggunakannya di kantor atau bisnis untuk mempermudah pekerjaan, tentunya Anda harus lebih memahami penggunaan mesin fotocopy. Hal ini termasuk dengan bagaimana cara mengatasi permasalahan pada mesin fotocopy misalnya hasil yang belang dan kualitas dokumen buruk.

Apa Saja Jenis Hasil Fotocopy Belang yang Umum dan Penyebabnya?

Pada umumnya, hasil fotocopy belang tentunya membuat dokumen rusak bahkan tidak terlihat isinya. Apapun gangguannya, pastinya membuat Anda kesal karena kualitas cetakan dokumen tidak sesuai dengan yang diinginkan. Berikut ini merupakan beberapa jenis hasil fotocopy belang dan penyebabnya yang perlu Anda perhatikan.

1. Belang Hitam di Seluruh Hasil Fotocopy

Ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan warna pada tinta atau toner. Dokumen yang Anda cetak akan tidak terlihat sama sekali atau hanya terlihat sebagian kecil saja.

Baca Juga: 8 Cara Fotocopy Agar Tidak Hitam

2. Belang Putih di Seluruh Hasil Fotocopy

Pernah melihat hasil fotocopy terdapat belang putih yang penuh dalam dokumen? Ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada drum fotocopy atau ketidakseimbangan warna pada tinta atau toner.

3. Belang Putih Terbatas di Hasil Fotocopy

Ini biasanya disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel pada drum fotocopy atau lensa. Dokumen yang Anda cetak biasanya akan tetap terlihat isinya, tetapi beberapa bagian terkena belang garis warna putih.

4. Belang Berwarna

Mesin fotocopy yang bermasalah tidak hanya menimbulkan belang hitam atau putih, terkadang belangnya justru berwarna. Ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada drum fotocopy atau masalah dengan tinta atau toner.

5. Hasil Fotocopy Tidak Jelas

Dokumen yang Anda cetak terlihat buram? Ini dapat disebabkan oleh masalah dengan lensa atau focus, atau ketidakseimbangan warna pada tinta atau toner.

6. Hasil Fotocopy Garis-Garis

Tampilan dari hasil fotocopy belang yang satu ini garis-garis berjumlah banyak yang dapat membuat isi dokumen tidak terlihat. Ini dapat disebabkan oleh masalah dengan drum fotocopy atau kotoran yang menempel pada lensa atau rollers.

Baca Juga: 4 Penyebab Hasil Fotocopy Bergaris

Bagaimana Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Belang?

Setelah mengenai jenis dan penyebab hasil fotocopy belang, tentunya Anda ingin masalah tersebut dapat diatasi. Tidak perlu memanggil teknisi, terkadang Anda dapat melakukannya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi hasil fotocopy belang yang dapat Anda coba.

1. Ganti Roll Regist

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa kondisi roll regist dalam mesin terlebih dahulu. Apakah roll regist masih memiliki tekstur yang rata atau tidak, Anda dapat melihatnya secara langsung atau merabanya dalam mesin. Jika kondisi roll regist sudah tidak rata, maka segera ganti dengan yang baru.

2. Bersihkan Bagian Corona

Bagian corona dalam mesin fotocopy sangatlah rawan kotor, terutama kawatnya. Untuk itu, Anda perlu membersihkan corona wire untuk mengoptimalkan kinerja cetak dokumen dari mesin fotocopy. Apabila kondisinya sudah tidak layak, pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru.

3. Cek Bagian Drum

Cara selanjutnya adalah cek bagian drum, ini merupakan salah satu komponen yang sangat memengaruhi hasil cetak. Apa yang harus Anda lakukan saat memeriksa bagian drum? Gunakan cairan braso untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada.

Baca Juga: Tidak Sulit, Berikut 11 Cara Memperbaiki Drum Fotocopy Yang Tergores

4. Ganti Magnet Roll

Magnet roll dalam mesin fotocopy yang telah lama digunakan biasanya mulai mengalami aus. Oleh karena itu, penting untuk diperhatikan bahwa magnet roll ini perlu diganti dengan yang baru. Jangan memaksakan menggunakan magnet roll yang aus karena tidak hanya memengaruhi hasil cetak, tetapi juga kondisi mesin fotocopy.

5. Pastikan Kertas Tidak Lembap

Mengapa kelembapan kertas dapat memengaruhi hasil cetak? Hal ini dikarenakan tinta toner tidak bisa menempel dengan baik pada kertas lembap. Untuk itu, keringkan kertas terlebih dahulu jika Anda merasa kertas lembap.

6. Periksa dan Kuras Bagian Develop

Mesin fotocopy sudah digunakan cukup lama? Coba cek bagian develop, biasanya terdapat banyak kotoran sisa toner lama. Bersihkan dan tunggu kondisi develop kering, kemudian pasang kembali ke dalam mesin fotocopy.

Apabila cara-cara di atas belum dapat mengatasi hasil fotocopy belang, gunakan jasa ahli profesional untuk memperbaiki mesin fotocopy Anda. Jangan terlalu memaksakan membongkar mesin fotocopy sendiri karena dapat berpotensi memperbesar kerusakan. Jika menggunakan mesin fotocopy untuk keperluan pribadi, pastikan Anda rajin merawatnya dan menjaga kebersihan mesin.

Butuh mesin fotocopy berkualitas dengan hasil cetak optimal? Tenang, CV. Citra Kencana Abadi dapat menjadi andalan membeli mesin fotocopy berkualitas untuk penuhi kebutuhan Anda. Tidak hanya menyediakan produk, kami juga siap memberikan layanan servis mesin fotocopy terpercaya. Yuk hubungi CV. Citra Kencana Abadi sekarang juga, konsultasikan kebutuhan mesin fotocopy Anda bersama kami.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago