Categories: Artikel

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer Via WiFi

Sudahkah Anda tahu bahwa terdapat cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi? Kemajuan teknologi membolehkan seluruh peralatan berkembang dan mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan. 

Jika sebelumnya sebuah perangkat hanya memiliki satu fungsi saja. Perkembangan yang terjadi membolehkan perangkat tersebut memiliki banyak fungsi atau multifungsi. Salah satu contohnya adalah mesin fotocopy. Saat ini, mesin fotocopy tidak hanya berfungsi sebagai alat menyalin saja, tetapi juga dapat dihubungkan dengan komputer untuk berbagi dokumen.

Selain itu, terhubungnya dua perangkat ini juga memudahkan proses pencetakan dokumen karena prosesnya dapat dilakukan secara langsung. Dalam artikel kali ini, CV. Citra Kencana Abadi akan berbagi informasi tentang cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer melalui jaringan WiFi.

Apa Saja Peralatan yang Akan Anda Butuhkan?

Tidak semua mesin fotocopy dapat dihubungkan dengan komputer, jadi pastikan Anda menggunakan mesin fotocopy dengan kelengkapan fitur WiFi seperti EPSON 2006N yang bisa Anda dapatkan di CV. Citra Kencana Abadi. 

Sebelum mulai menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer melalui jaringan WiFi, ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut merupakan rincian peralatan yang dibutuhkan: 

1. WiFi

Untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi, Anda tentu membutuhkan perangkat router WiFi. Melalui router, IP address mesin fotocopy terdeteksi dan dapat disambungkan ke jaringan. Nantinya, komputer dapat mengenali IP address mesin fotocopy dan dapat dilakukan penyambungan perangkat. 

2. Kabel UTP 

Unshielded Twisted Pair atau dikenal dengan kabel UTP adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai media penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya yang berada di dalam jaringan LAN. Dalam penggunaannya, Anda dapat menemukan dua tipe kabel UTP yaitu tipe straight  dan tipe cross. Umumnya, tipe kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan mesin fotocopy adalah tipe straight

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Ngeprint Dari HP Ke Mesin Fotocopy

3. Software Mesin Fotocopy

Untuk mencoba cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi di bawah ini, Anda perlu melakukan instalasi software dari mesin fotocopy ke komputer yang akan dihubungkan. Meski dihubungkan melalui jaringan WiFi, instal software mesin fotocopy penting untuk dilakukan agar kedua perangkat dapat tersambung. 

Bagaimana Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer Via WiFi?

Pada dasarnya, untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi hanya dibutuhkan pengaturan pada mesin fotocopy saja. Karena pada perangkat komputer telah tersedia IP Address, subnet mask, dan DNS yang dikirimkan oleh WiFi saat penggunaan sebelumnya. Adapun cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi yaitu: 

1. Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Router WiFi

Cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi yang pertama adalah menyambungkan mesin fotocopy dengan router WiFi menggunakan kabel UTP yang telah disediakan sebelumnya. Caranya, temukan port RJ45 pada mesin fotocopy dan pasang kabel UTP pada bagian tersebut. Pada bagian lain kabel UTP, pasang pada router WiFi di port yang sesuai. 

2. Cari IP Address Mesin Fotocopy

Setelah kabel terpasang di mesin fotocopy dan router, selanjutnya Anda dapat mencari IP address mesin fotocopy beserta kelengkapan lainnya seperti subnet mask, gateaway, dan DNS mesin. Pencarian IP address pada mesin fotocopy dapat dilakukan dengan langkah berikut. 

Pertama, klik pada menu network and sharing center pada komputer dan pilih koneksi nirkabel. Kedua, layar akan menampilkan data subnet mask, gateaway, dan DNS. Saat informasi ini muncul, tulis seluruh data yang tertera di dalamnya pada sebuah kertas atau ponsel. 

Baca Juga: Pelajari Cara Setting Mesin Fotocopy Ke Komputer Dengan Benar

3. Input Data Pada Mesin Fotocopy

Apabila data seputar IP address telah diterima, Anda dapat mulai memasukkan data tersebut ke mesin fotocopy. Caranya, buka menu additional function dalam mesin fotocopy dan klik pada pilihan system setting. Selanjutnya, pilih menu network setting dan layar akan menunjukkan pilihan baru. Dalam pilihan tersebut, klik pada menu IP address

Kemudian, masukkan data subnet mask, gateaway, dan DNS yang sudah dicatat sebelumnya. Input seluruh data IP address dengan teliti dan hindari kesalahan penulisan sekecil apa pun serta bedakan IP address komputer dan mesin fotocopy

Selanjutnya lakukan ping IP address pada mesin fotocopy agar mendeteksi IP address diterima oleh jaringan. Cara ping IP address juga cukup mudah. Pertama masuk ke menu ping command pada mesin fotocopy. Lalu, ketik angka gateaway mesin fotocopy dan klik tombol start. Apabila muncul informasi respon from the host, berarti mesin fotocopy Anda telah berhasil masuk dan diterima oleh jaringan. 

4. Menghubungkan dengan Komputer

Cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi yang terakhir adalah mengatur komputer agar terhubung dengan mesin fotocopy. Langkah yang dapat dilakukan antara lain: 

  • Instal software mesin fotocopy di komputer Anda.
  • Kemudian, klik pada menu device and printer dan pilih add printer.
  • Selanjutnya add a network, wireless, or bluetooth printer
  • Sistem akan memproses pencarian IP address mesin fotocopy. Tunggu hingga proses selesai dan menunjukkan mesin fotocopy yang sesuai.
  • Terakhir, pilih have a disk dan tentukan lokasi penyimpanan software pada komputer Anda. Setelah proses ini selesai, maka mesin fotocopy dan komputer telah terhubung.

Baca Juga: Pelajari Cara Setting Mesin Fotocopy Ke Komputer Dengan Benar

Demikian tadi merupakan rangkaian cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi. Cara ini cukup menguntungkan, terutama jika banyak kebutuhan dokumen yang diterima secara online harus tercetak. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan banyak alat untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut.

Dalam memilih mesin fotocopy untuk usaha atau kebutuhan kantor, sebaiknya Anda memilih mesin fotocopy yang memiliki berbagai fitur untuk memudahkan kinerja. Jangan lupa untuk selalu membeli segala perlengkapan fotocopy yang orisinal. 

Untuk itu, dapatkan segala bentuk kebutuhan mesin fotocopy Canon pada CV. Citra Kencana Abadi yang merupakan distributor resmi Canon. Tidak hanya itu, CV. Citra Kencana Abadi juga menyediakan penyewaan mesin fotocopy hingga layanan servis yang ditangani oleh teknisi ahli. Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan harga spesial untuk paket usaha dan alat tulis kantor. 

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

4 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

7 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago