Artikel

7 Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy Dengan Komputer Via USB Dengan Mudah

Bagaimana cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB? Dalam aktivitas sehari-hari, banyak hal yang melibatkan dokumen fotocopy baik pada dunia kerja, sekolah, perkuliahan, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, mesin fotocopy menjadi hal yang penting. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, mesin fotocopy juga telah dikembangkan dan dilengkapi dengan berbagai teknologi baru, salah satunya adalah penggunaan USB untuk menghubungkan mesin dengan komputer. Sebagai fitur baru dalam mesin, sudahkah Anda mengetahui caranya? Apabila belum, simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Bagaimana Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Via USB?

Tak hanya hadir dengan USB, cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer juga bisa dilakukan dengan WiFi atau LAN. Tetapi, tidak semua tempat memiliki jaringan koneksi yang baik. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya ketahui pula cara menghubungkan mesin fotocopy ke komputer via USB.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer Via WiFi

Sebelumnya, pastikan Anda telah mempersiapkan kebutuhan seperti USB parallel printer cable, driver mesin fotocopy, mesin fotocopy, dan tentunya komputer atau laptop. Jika semuanya sudah tersedia, lakukan langkah berikut ini:

  • Pertama, hubungkan kabel USB parallel printer yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke bagian port pada mesin fotocopy. Pada bagian lain kabel USB yang lebih kecil, hubungkan ke komputer.
  • Kedua, menghubungkan mesin fotocopy ke komputer melalui USB tidak perlu dengan mengatur IP address, jadi langsung saja ke tahap selanjutnya yaitu buka menu setting, pilih printer and device, dan add local printer
  • Ketiga, klik pada pilihan USB001 atau virtual port for USB dan jangan lupa untuk klik next
  • Keempat, pilih have a disk yang muncul pada layar komputer dan dilanjutkan dengan klik OK.
  • Kelima, pilih menu browse dan temukan tempat penyimpanan driver mesin fotocopy. Driver ini bisa diunduh melalui website resmi brand mesin fotocopy yang digunakan.
  • Keenam, klik pada tipe mesin fotocopy yang Anda miliki di antara daftar tipe mesin fotocopy yang tersedia. Selanjutnya, layar akan memberikan petunjuk untuk melakukan instalasi. 
  • Selesai. Mesin fotocopy telah berhasil terhubung dengan komputer dan Anda bisa menyambungkan melalui kabel USB. 

Apa Kelebihan dan Kekurangan Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Via USB?

Memilih cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Sebab itu, penting untuk mengetahui penjelasan berikut ini:

1. Kelebihan

Menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB memiliki proses yang mudah sebab Anda tidak membutuhkan koneksi internet yang harus selalu stabil untuk menghubungkan kedua perangkat.

Selain itu, menyambungkan mesin fotocopy dengan komputer melalui USB tidak perlu repot melakukan setting IP address sehingga proses menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer menjadi lebih cepat. 

2. Kekurangan

Namun bersamaan dengan kelebihan tersebut, terdapat kekurangan yang dimiliki oleh proses ini. Ketika Anda menghubungkan perangkat menggunakan USB, tentunya akan banyak langkah penginstalan di komputer dan beberapa pemasangan perangkat biasanya juga cukup memakan ruang penyimpanan. Selain itu, bersiap untuk melihat ruangan menjadi kurang rapi sebab akan lebih banyak kabel yang berserakan di kantor atau tempat usaha fotocopy Anda.

Cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB cukup mudah untuk dipraktikan bukan? Metode ini juga bisa digunakan bagi mesin fotocopy yang tidak memiliki fitur WiFi di dalamnya. 

Jika membutuhkan mesin fotocopy dengan spesifikasi tertentu, Anda bisa mendapatkannya di CV. Citra Kencana Abadi yang menyediakan berbagai pilihan mesin fotocopy terbaik. CV. Citra Kencana Abadi juga merupakan distributor resmi dari Canon, sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi keaslian dan kualitasnya. 

Kunjungi CV. Citra Kencana Abadi dan dapatkan promo menarik seperti paket usaha mesin fotocopy dan alat tulis dengan harga yang terjangkau sekarang juga

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago