Categories: Artikel

Cara Mengatasi Paper Jam Pada Mesin Fotocopy Canon dengan Mudah

Apakah mesin fotocopy Canon Anda pernah mengalami paper jam saat melakukan penggandaan dokumen? Penyebab paper jam beragam, bisa disebabkan komponen mesin fotocopy yang sudah aus atau penggunaan kertas yang tidak sesuai standar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara mengatasi paper jam pada mesin fotocopy Canon.
Sebelum memahami cara mengatasinya, ketahui terlebih dahulu mengapa penyebab paper jam terjadi. Pasalnya, cara mengatasi paper jam ini perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Kalau begitu, mari simak beberapa penyebab paper jam di bawah ini.

Apa Penyebab Paper Jam pada Mesin Fotocopy?

Penyebab umum paper jam terjadi karena komponen mesin yang rusak atau kendala pada kertas yang Anda gunakan. Misalnya kertas tersebut lembap, sehingga mudah kusut ketika dimasukkan pada mesin fotocopy. Berikut penjelasan mengenai beberapa penyebab paper jam tersebut.

1. Kertas Lembap

Kertas lembap biasanya lebih mudah kusut, begitu pun ketika dimasukkan ke dalam mesin fotocopy. Hal ini dapat menyebabkan potensi paper jam lebih tinggi. Oleh karena itu, sebelum memasukkan kertas ke dalam mesin fotocopy, pastikan kertas tidak dalam keadaan lembap. Adapun jika kertas tersebut lembap, maka perlu Anda panaskan terlebih dahulu. Tujuannya tentu supaya proses penggandaan dokumen menjadi lebih mudah.

2. Kertas Terlalu Ringan

Kertas yang terlalu ringan juga lebih mudah kusut dan dapat menjadi salah satu penyebab mesin fotocopy mengalami paper jam. Idealnya, kertas yang digunakan berukuran 70 gram hingga 80 gram. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan juga ukuran kertas yang hendak digunakan supaya mesin fotocopy tidak mengalami paper jam.

3. Roll Karet Sudah Aus

Roll karet ini berfungsi untuk menarik kertas masuk ke dalam mesin fotocopy. Apabila roll karet tersebut sudah aus, maka akan membuat proses masuk kertas kurang lancar atau rentan kusut. Penyebab roll karet aus yaitu karena terlalu sering menggunakan kertas yang permukaannya kasar. Mulai sekarang, gunakan kertas yang permukaannya halus supaya roll karet mesin fotocopy tidak mudah aus.

Bagaimana Cara Mengatasi Paper Jam pada Mesin Fotocopy Canon?

Cara mengatasi paper jam pada mesin fotocopy Canon akan berbeda, tergantung di mana lokasi kertas tersebut tersangkut. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya mesin fotocopy bisa kembali digunakan. Berikut ini cara mengatasi masalah paper jam tersebut.

1. Paper Jam pada Fixing Unit

Apabila kertas nyangkut pada bagian fixing unit, keluarkan kertas tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol pada penutup kanan fixing unit, lalu buka penutup tersebut.
  • Selanjutnya, tarik kertas yang nyangkut pada bagian bawah fixing unit. Caranya dengan menarik ke bawah penutup atas fixing unit.
  • Apabila kertas sudah bisa dikeluarkan, tutup kembali penutup mesin yang sebelumnya dibuka dengan hati-hati.

2. Paper Jam pada Right Cover

Selain pada komponen fixing unit, kertas nyangkut bisa juga terjadi pada bagian penutup kanan mesin fotocopy. Bila hal ini terjadi pada mesin fotocopy Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya.
  • Tekan tombol pada penutup kanan mesin fotocopy.
  • Keluarkan kertas yang nyangkut.
  • Tutup kembali penutup kanan mesin fotocopy apabila kertas berhasil dikeluarkan.

3. Paper Jam pada Stack Bypass

Ketika kertas mengalami paper jam pada bagian stack bypass, langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memindahkan tumpukan kertas yang tidak macet di bypass. Kemudian keluarkan semua kertas yang nyangkut.
Jangan coba-coba menarik kertas yang nyangkut dengan paksa, karena dapat merusak komponen mesin yang lain. Apabila Anda mengalami kesulitan mengeluarkan kertas yang macet, Anda bisa mengeluarkannya dari dalam sampul kanan mesin.

4. Paper Jam pada Paper Drawers 1 dan 2

Untuk mengatasi paper jam pada bagian paper drawers 1 dan 2, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.
  • Tekan tombol untuk membuka penutup mesin fotocopy bagian kanan.
  • Buka penutup kanan laci kertas pada mesin fotocopy, lalu keluarkan semua kertas yang nyangkut.
  • Dorong kembali laci ke dalam mesin dengan perlahan hingga terkunci pada tempatnya.
  • Tutup kembali penutup yang sebelumnya Anda buka.

5. Paper Jam pada Paper Drawers 3 dan 4

Paper drawers terbagi menjadi dua sisi, yaitu 1 dan 4 serta 3 dan 4. Untuk mengatasi paper jam pada paper drawers 3 dan 4 hampir sama dengan paper drawers 1 dan 3. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Klik tombol untuk membuka penutup mesin fotocopy.
  • Tekan tombol paper drawers 3 dan 4 lalu tarik drawers hingga berhenti.
  • Keluarkan kertas yang nyangkut.
  • Dorong laci ke dalam mesin hingga terkunci.
  • Tutup kembali penutup yang terbuka dengan hati-hati.

6. Paper Jam pada Feeder

Kertas nyangkut pada mesin fotocopy kerap terjadi juga bagian feeder. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi paper jam tersebut.
  • Buka feeder cover mesin fotocopy dan buka penutup dalamnya.
  • Putar feeder dan keluarkan kertas yang nyangkut. Jangan menarik paksa kertas karena bisa sobek dan menyebabkan kertas sulit ditarik.
  • Selanjutnya tutup penutup dalam dan penutup luar feeder.
  • Untuk memastikan kertas yang nyangkut telah diambil, Anda bisa mengangkat feeder, lalu periksa apakah ada dokumen yang tertinggal atau tidak.
  • Terakhir, tutup feeder cover dengan hati-hati.

7. Paper Jam pada Paper Output Unit

Apabila kertas nyangkut pada bagian tray atau tempat menyimpan tumpukan kertas, langkah yang perlu Anda lakukan yaitu menekan tombol untuk membuka penutup mesin fotocopy. Setelah penutup mesin fotocopy terbuka, keluarkan kertas dengan hati-hati. Lalu, tutup kembali penutup yang sebelumnya Anda buka dengan mendorongnya sampai terkunci.

Bagaimana cara mencegah kertas tersangkut di mesin fotokopi?

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain memahami cara mengatasi, Anda juga sebaiknya memahami cara mencegah kertas tersangkut di mesin fotokopi. Bagaimana caranya?

Yang pertama, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan ukuran kertas yang sesuai dengan spesifikasi mesin fotokopi Anda. Menggunakan kertas yang terlalu besar dapat membuat kertas tersangkut di dalam mesin. Selain ukuran, Anda juga harus memperhatikan kualitas, khususnya dari kebersihan, kertas yang Anda gunakan.

Lalu, Anda juga bisa mencegah kertas tersangkut di mesin fotokopi dengan membersihkan mesin secara berkala. Sisa-sisa kotoran atau kertas yang pernah tersangkut di dalam mesin dapat menjadi penyebab kertas tersangkut yang berikutnya.

Terakhir, pastikan Anda menggunakan mesin secara tepat. Hal ini khususnya untuk penempatan kertas. Pastikan Anda menempatkan kertas pada tray dengan instruksi dari buku panduan mesin yang Anda gunakan.

Demikian informasi cara mengatasi paper jam pada mesin fotocopy Canon dengan tepat. Jika Anda tidak bisa mengeluarkan kertas yang nyangkut tersebut, Anda bisa menghubungi teknisi berpengalaman dari CV. Citra Kencana Abadi (CKA) untuk mengeluarkannya.

CKA juga menyediakan mesin fotocopy Canon baru dan rekondisi bila Anda berencana mengganti mesin fotocopy Canon yang sering mengalami paper jam tersebut. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, terutama mengenai spesifikasi dan harga mesin fotocopy Canon tersebut.
Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago