Categories: Artikel

Jangan Panik! Ini 5 Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Suspended!

Bagaimana cara mengatasi masalah mesin fotocopy suspended? Permasalahan ini mungkin akan membuat Anda selaku pemilik bisnis fotocopy sedikit merasa jengkel. Sebab, dalam mengatasinya tentu akan membutuhkan waktu atau mungkin tambahan biaya lagi. 

Mesin fotocopy yang mendadak tidak dapat menjalankan tugasnya dengan ditandai munculnya pemberitahuan “warming up” secara terus menerus saat dinyalakan, nyatanya tidak dapat dihindari untuk tidak terjadi pada mesin milik Anda. 

Sehingga, beberapa hal yang perlu Anda ketahui antara lain adalah mengenal terlebih dahulu terkait ciri-ciri terjadinya masalah ini sekaligus bagaimana cara mengatasi mesin fotocopy suspended. Untuk lebih lengkapnya, tentu Anda bisa melanjutkan membaca artikel kali ini, ya!

Apa Saja Ciri-Ciri Mesin Fotocopy Suspended?

Ciri-ciri mesin fotocopy mengalami suspended dapat ditandai dengan jika saat Anda mencoba untuk menyalakan ataupun mematikan mesin akan selalu muncul pemberitahuan bertuliskan “warming up”. Meskipun sebenarnya memang saat mesin fotocopy dinyalakan untuk pertama kali akan mengeluarkan pemberitahuan tersebut yang menandakan mesin sedang dalam kondisi pemanasan pada fixing unit. Namun hal demikian seharusnya tidak melalui proses waktu yang lama, pada umumnya hanya berkisar 2 hingga 5 menit saja.

Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Suspended?

Jika memang mesin fotocopy Anda mengalami permasalahan ini, maka janganlah khawatir. Sebab, Anda masih bisa mencoba mengatasinya sendiri dengan cara sebagai berikut : 

1. Cek Hardisk dan Bersihkan RAM

Pada kenyataannya tidak selalu saat mesin fotocopy Anda mengalami suspended yang disebabkan oleh hardisk ataupun RAM akan memunculkan pemberitahuan error. Oleh sebab itu, yang bisa Anda coba lakukan untuk menangani masalah tersebut adalah dengan mematikan terlebih dahulu mesin fotocopy dan kemudian menekan tombol nomor 1 dan 9. Untuk langkah lebih lengkap tentang cara membersihkan RAM fotocopy, Anda bisa membaca artikel berikut ini: Yuk, Ketahui 3 Cara Membersihkan Ram Mesin Fotocopy dengan Mudah! 

Setelah itu, mesin fotocopy akan melakukan defrag hardisk untuk sementara waktu saat Anda mencoba menyalakannya kembali. Lihat ketika proses ini berakhir apakah mesin fotocopy Anda sudah kembali mampu menjalankan tugasnya seperti semula atau belum. Apabila ternyata tetap tidak berhasil dengan cara ini, Anda dapat melakukan pilihan clear hardisk.

Namun jika tetap saja tidak menyelesaikan masalah, Anda juga bisa mencoba cara lain yakni dengan melakukan penggantian hardisk lama pada mesin fotocopy dengan yang baru. Kemudian, coba juga untuk membersihkan bagian RAM menggunakan kain bersih agar debu-debu yang menempel pada mesin fotocopy Anda hilang. Sebab, mungkin saja hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa mesin fotocopy Anda mengalami suspended.

2. Bersihkan Pemanas, Thermistor dan Sub Thermistor

Salah satu hal lain yang kemungkinan menjadi  penyebab dari mesin fotocopy Anda tidak dapat menjalankan tugasnya yakni karena adanya kerusakan pada bagian pemanas. Untuk memastikan benar atau tidaknya mesin fotocopy Anda mengalami suspended memang disebabkan oleh hal tersebut, maka Anda dapat memastikannya dengan melihat kembali bagian pemanas dan kemudian bersihkan juga dengan menggunakan kain bersih.

Tentu tidak hanya pada bagian pemanasnya saja yang perlu Anda lakukan pengecekan. Melainkan, coba untuk juga selalu memastikan bagian lain yang ada di mesin fotocopy antara lain seperti thermistor dan sub thermistor. Bersihkan kedua bagian tersebut dengan melepasnya terlebih dahulu dari mesin fotocopy dan kemudian basuh menggunakan kain yang telah ditambahkan alkohol. Perlu untuk diingat, setelah melakukan cara ini, sebelum Anda kembali memasangnya pada mesin fotocopy pastikan kedua bagian tersebut sudah benar-benar kering. 

3. Bersihkan DC Control

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat mesin fotocopy Anda suspended adalah soal DC control dalam keadaan kotor. Permasalahan ini dapat dengan mudah Anda ketahui dengan melihat pesan “warming up” yang muncul secara terus menerus. Ingat ya, DC control yang kotor bukan berarti Anda harus menggantinya dengan yang baru. Melainkan bisa Anda coba terlebih dahulu untuk membersihkannya hingga benar-benar terbebas dari debu dan kotoran yang menempel.

4. Lakukan Cabut Pasang Unit 1 dan 2

Cara berikut ini terbilang cukup solutif untuk Anda lakukan dalam mengatasi mesin fotocopy yang sedang suspended. Coba cabut terlebih dahulu unit 1 dan 2 pada mesin fotocopy.  Kemudian lakukan clear error dengan cara menyalakan kembali mesin dan juga memasukkan kode 28 dalam service mode. Setelah itu, pilih opsi Clear  – Function – Clear – ERR dan tekan juga tombol OK setelahnya. 

Pilih juga tombol restart dan tunggu mesin fotocopy hingga benar-benar menyala secara sempurna. Ketika mesin fotocopy berhasil menyala, kini saatnya Anda untuk memasang kembali unit 1 dan 2. 

5. Mengganti Soket Unit 1

Cara terakhir untuk mengatasi permasalahan mesin fotocopy yang sedang dalam kondisi suspended adalah dengan melakukan penggantian soket unit 1. Apa alasan yang mengharuskan Anda untuk menggantinya? Sebab, mesin fotocopy suspended terjadi karena tidak sanggupnya mesin untuk mencapai suhu tertentu. Hal ini jelas dipengaruhi juga oleh kondisi soket 1 pada body dan mesin fotocopy.

Demikian penjelasan dari hal apa saja yang menjadi ciri-ciri dari mesin fotocopy Anda dalam kondisi suspended dan bagaimana cara memperbaikinya. Ingin melengkapi kebutuhan usaha fotocopy Anda? Andalkan semua kebutuhan tersebut kepada CV. Citra Kencana Abadi! Yuk, tanpa perlu ragu lagi segera hubungi CV. Citra Kencana Abadi dan lengkapi segala kebutuhan usaha fotocopy Anda dengan produk terbaiknya! 

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago