Categories: Artikel

Pahami Penyebab serta Cara Mengatasi Hasil Scan yang Terpotong

Hasil scan yang terpotong biasanya terjadi karena ukuran kertas yang di scan lebih besar dari ukuran mesin scanner. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara mengatasi hasil scan yang terpotong, yaitu dengan memeriksa pengaturan ADF (Automatic Document Feeder) dan menyesuaikan pengaturan di mesin fotocopy. Bagaimana caranya? Simak masing-masing penjelasannya di bawah ini.

Cek Juga Mesin Fotocopy Terbaik di tahun 2023

Apa Penyebab Hasil Scan Terpotong?

Kertas yang tidak sesuai dengan tempat scan pada mesin fotocopy menjadi penyebab utama hasil scan terpotong. Jika ukuran kertas yang tersedia adalah A4, sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu pengaturannya. Pahami penyebab hasil scan terpotong di bawah ini sebelum mencari tau cara mengatasinya. 

1. Ukuran Kertas yang Tidak Sesuai

Pada umumnya, ukuran kertas pada mesin fotocopy adalah A4. Jika dokumen yang akan di scan melebihi ukuran A4, maka otomatis hasilnya akan terpotong. Namun, tidak semua scanner pada mesin fotocopy memiliki ukuran kertas A4. Bahkan masalah ini dapat diatasi dengan memperbaiki pengaturan pada mesin fotocopy Anda.

Baca Juga:Ketahui Ukuran Kertas Fotocopy Secara Lengkap

2. Pengaturan Mesin yang Kurang Tepat

Pada mesin fotocopy terdapat fitur ADF yang bertugas melakukan scan secara otomatis saat Anda sedang melakukan fotocopy. Melalui fitur ini, Anda tidak perlu membuka dan menutup scanner setiap ada dokumen yang ingin di scan. Namun, pengaturan yang kurang tepat pada fitur ini seringkali menjadi penyebab hasil scan menjadi terpotong.

Baca Juga:Panduan Dasar 7 Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy yang Lengkap

Bagaimana Cara Mengatasi Hasil Scan yang Terpotong dengan Tepat?

Memeriksa pengaturan ADF di mesin fotocopy menjadi salah satu cara mengatasi hasil scan yang terpotong dengan tepat. ADF merupakan sebuah fitur yang ada dalam mesin fotocopy, tugasnya yaitu melakukan scan secara otomatis saat Anda hendak melakukan fotocopy. Berikut cara menyesuaikan pengaturan ADF pada mesin fotocopy Anda.

1. Memeriksa Pengaturan ADF

Pengaturan fitur ADF pada mesin fotocopy seringkali tidak tepat dan menyebabkan hasil scan menjadi terpotong. Berikut cara memeriksa pengaturan ADF pada mesin fotocopy Anda.

    • Pilih menu Service Mode pada layar mesin fotocopy Anda. Pada mesin fotocopy CANON, Anda dapat menekan tombol *28* untuk masuk pada menu tersebut. 
    • Kemudian tekan tombol *2* untuk masuk pada menu Service Mode Level 2.
    • Klik Copier dan pilih Option, lalu klik Body.
    • Anda akan menemukan tulisan berikut ORG-LGL, lalu ganti dengan angka 1.
    • Tekan Ok agar pengaturan tersimpan.
    • Restart mesin fotocopy Anda dan lakukan scan untuk melihat hasilnya.

2. Menyesuaikan Pengaturan di Mesin Fotocopy

Jika hasil scan yang terpotong adalah bagian kiri atau kanan, maka kemungkinan besar ADF telah bergeser dari tempat yang seharusnya. Untuk memperbaikinya, Anda dapat masuk ke pengaturan di mesin fotocopy Anda. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

    • Masuk ke menu Save Mode dan pilih Copier.
    • Selanjutnya klik Feeder, lalu klik Adjust.
    • Pada layar mesin fotocopy Anda akan muncul pilihan DOCST dan LA-SPEED. 
    • Pada bagian DOCST, naikkan atau turunkan angkanya untuk memperbesar dan memperkecil ukuran kertas. Jika sudah, klik Ok.
  • Restart mesin fotocopy Anda agar pengaturan baru ini bisa mulai diimplementasikan.

3. Scan Dokumen Menjadi Dua Bagian

Selain menyesuaikan pengaturan di mesin fotocopy, Anda dapat melakukan scan dokumen menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk scan bagian atas dokumen, sedangkan bagian kedua untuk bagian bawah dokumen. Setelah itu, Anda dapat menyatukan kedua dokumen tersebut menggunakan tambahan aplikasi editing foto, seperti Photoshop. 

Nah, itu dia cara mengatasi hasil scan yang terpotong pada mesin fotocopy. Bagaimana, mudah bukan? Jika hasil scan masih terpotong, coba lakukan pengecekan pada komponen-komponen lain di dalam mesin fotocopy. Jika ada komponen yang perlu diganti, Anda dapat melakukan servis mesin fotocopy di CV. Citra Kencana Abadi.

Selain menyediakan layanan servis, CV. Citra Kencana Abadi menyediakan mesin fotocopy CANON baru dan rekondisi dengan harga yang terjangkau. Cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis fotocopy. Cek harga mesin fotocopy CANON di website CV. Citra Kencana Abadi sekarang juga. Anda dapat menghubungi kami secara langsung untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

2 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

7 hari ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago