Categories: Artikel

Inilah 2 Cara Memperbaiki Hardisk Mesin Fotocopy

Pernah menemui kode error E602 pada sebuah mesin fotocopy? Hal ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada hardisk. Apabila tidak segera ditangani, tentunya dapat semakin fatal dan mempengaruhi hasil mesin fotocopy bahkan menimbulkan kerusakan krusial. Mengetahui cara memperbaiki hardisk mesin fotocopy, Anda tidak perlu panik lagi ketika dihadapkan dengan permasalahan tersebut. Namun jika ingin lebih aman, gunakan layanan jasa servis profesional untuk mengatasi permasalahan mesin fotocopy Anda.

Mesin fotocopy sendiri saat ini masih menjadi salah satu alat yang dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas. Meskipun banyak teknologi printer mutakhir yang mampu menggantikan mesin fotocopy, tetapi hal tersebut tidak memengaruhi kebutuhan fungsional pengguna. 

Mesin fotocopy masih banyak dijumpai di berbagai perusahaan bisnis, instansi atau lembaga yang membutuhkan pencetakan dokumen dalam jumlah banyak. Seiring dengan peran pentingnya dalam menunjang aktivitas, Anda perlu memperhatikan apa saja yang perlu dilakukan ketika menemukan indikasi kerusakan atau error.

Bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Mesin Fotocopy?

Hardisk mesin fotocopy yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal, baik secara teknis maupun kerusakan mesin. Ketika salah satu komponen bermasalah, tentunya dapat membuat aktivitas terhambat atau hasil yang tidak optimal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk segera memperbaiki kerusakan yang ada. Berikut ini merupakan beberapa cara memperbaiki hardisk mesin fotocopy yang dapat Anda coba.

1 . Melakukan Defrag

Jangan langsung berpikir untuk mengganti hardisk mesin fotocopy ketika menunjukkan indikasi kerusakan. Anda dapat mencoba untuk melakukan defrag terlebih dahulu. Cara untuk melakukan defrag sendiri sangatlah sederhana dan dapat Anda lakukan dan sendiri. Namun tentunya, menggunakan layanan jasa profesional lebih memudahkan dan meminimalisir terjadinya error.

Pertama, Anda matikan terlebih dahulu mesin fotocopy yang terdeteksi permasalahan di hardisk. Kemudian, tekan tombol angka satu dan angka sembilan selama beberapa waktu. Jika sudah, Anda dapat melanjutkan tahapan dengan menghidupkan kembali mesin fotocopy

Tinggal menunggu sampai proses defrag selesai, biasanya akan memakan waktu cukup lama. Apabila layar telah menampilkan download mode, biarkan saja dan tunggu hingga proses defrag selesai.

2. Melakukan Format Ulang

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hardisk mesin fotocopy adalah melakukan format ulang. Perbaikan ini juga dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Sama seperti defrag, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah segera matikan mesin fotocopy. Anda tinggal menekan tombol angka 1 dan 9 secara bersamaan dengan proses penghidupan kembali mesin fotocopy.

Setelah proses penyalaan selesai, mesin fotocopy akan langsung menjalankan proses format. Meskipun tidak instan, tapi proses ini mungkin lebih cepat dari defrag. Setelah muncul tampilan download mode dan prosesnya selesai, coba restart mesin fotocopy dan cek apakah dapat berfungsi normal lagi. Jika kondisi kerusakan hardisk cukup fatal, segera bawa ke layanan servis mesin fotocopy profesional terdekat.

Itulah tadi cara memperbaiki hardisk mesin fotocopy yang dapat Anda coba. Sebelum mencoba untuk mengatasi error sendiri, pastikan Anda telah cukup memahami bagaimana cara menanganinya dan komponen apa saja yang perlu diutak-atik. Apabila memperbaiki dengan bekal pemahaman seadanya, mungkin saja meningkatkan potensi kerusakan yang lebih fatal. Kalau Anda membutuhkan panduan lebih lengkap tentang cara mengatasi error pada mesin fotocopy, Anda bisa membaca artikel berikut ini: 4 Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Error

Butuh mesin fotocopy berkualitas dan ramah di kantong? Tenang, CV. Citra Kencana Abadi siap untuk menjadi solusi tepat kebutuhan mesin fotocopy Anda. Tidak perlu ragu, kami juga menyediakan layanan servis mesin fotocopy untuk optimalkan keuntungan yang Anda dapatkan. Jika ingin mengetahui informasi produk lebih lanjut, segera hubungi CV. Citra Kencana Abadi.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago