Categories: Artikel

2 Cara Membuka Mesin Fotocopy Dengan Mudah

Mesin fotocopy Anda bermasalah? Hal tersebut mungkin saja disebabkan terdapat kertas yang terlipat atau komponen error. Untuk membantu pengecekan, membuka mesin fotocopy mungkin perlu dilakukan. Namun, tentunya tidak bisa dilakukan secara asal. Ketahui cara membuka mesin fotocopy dengan benar dan mudah melalui informasi di artikel ini.

Mesin fotocopy sendiri masih menjadi salah satu alat elektronik yang dibutuhkan untuk aktivitas pencetakan dokumen. Terutama dalam sebuah perusahaan, instansi atau lembaga yang membutuhkan salinan dokumen dengan kuantitas besar dalam waktu singkat. 

Ketika mesin fotocopy bermasalah tentunya aktivitas pun menjadi terhambat. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan membuka mesin fotocopy saat bermasalah.

Layanan jasa servis mesin fotocopy profesional biasanya juga akan membuka mesin fotocopy saat melakukan perawatan. Apabila Anda ingin membersihkan debu yang ada di komponen-komponen dalam, membuka mesin fotocopy juga dapat membuatnya menjadi lebih mudah. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan tangan bersih dari kotoran apalagi minyak jika ingin membuka mesin fotocopy.

Bagaimana Cara Membuka Mesin Fotocopy?

Anda ingin membersihkan komponen dalam mesin fotocopy atau cek permasalahan yang ada? Nah, membuka mesin fotocopy mungkin dapat menjadi salah satu solusinya. Terdapat beberapa bagian yang biasanya dibuka, utamanya yaitu copyboard dan pembaca motorik. Anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk membuka kedua bagian mesin fotocopy tersebut.

1. Cara Membuka Copyboard

Cara pertama dalam membuka mesin fotocopy mengacu pada bagian copyboard. Ini merupakan komponen atas dari mesin fotocopy yang dapat menjadi jalan untuk mengakses berbagai komponen di bawahnya. Berikut ini merupakan beberapa cara membuka copyboard yang dapat Anda lakukan.

  • Buka penutup copyboard atau adf, caranya cukup dengan melepaskan 2 sekrup dan penahan kaca copyboard secara perlahan. Setelah itu, segera lepaskan kaca copyboard.
  • Jika kaca copyboard sudah terlepas, gerakkan sabuk komponen menggunakan jari untuk kemudian dipindahkan ke dekat pusat papan fotocopy.
  • Setelah melakukan langkah tersebut, apakah Anda sudah melihat susunan komponen layaknya sebuah gerbong kereta? Jika iya, angkat sedikit bagian tersebut dan geser. Pastikan rel terlepas dari tempatnya tadi.
  • Miringkan media sehingga bingkai atas bisa berada diluar bingkai dalam.
  • Lepaskan hook dan flex-ible guide yang ada di bawahnya.
  • Angkat Unit CS dari tempatnya untuk membuka kunci koneksi.
  • Langkah terakhir, Anda tinggal melepaskan kabel fleksibelnya saja.

2. Cara Membuka Pembaca Motorik

Membuka mesin fotocopy juga dapat dilakukan melalui bagian pembaca motorik. Sebagai salah satu bagian yang krusial, Anda perlu ekstra hati-hati untuk melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Lepaskan penutup papan fotocopy, penahan kaca copyboard, penutup belakang, penutup kanan-bawah dan kanan-belakang.
  • Setelah itu, buka baki pengumpatan manual dan lepaskan penutup kiri bawah.
  • Apakah Anda melihat unit drum setelah melepaskan beberapa bagian tersebut? Cara selanjutnya adalah melepaskan unit drum, penutup belakang dan penutup kiri atas.
  • Penutup-penutup tersebut melindungi pembaca motorik dari mesin fotocopy. Sehingga saat dilepaskan satu per satu, Anda dapat mulai mengakses komponen pembaca motorik.
  • Langkah yang terakhir, lepaskan pegas tegangan dan pembaca motorik dari mesin fotocopy. Anda dapat memulai aktivitas pengecekan maupun pembersihan.

Itulah tadi beberapa cara membuka mesin fotocopy yang dapat Anda lakukan untuk membantu pengecekan mesin. Apabila permasalahan mesin fotocopy cukup serius, jangan ragu untuk segera menggunakan layanan servis profesional. Usahakan untuk tidak mengotak-atik sendiri komponen mesin fotocopy karena berpotensi menyebabkan kerusakan.

Butuh mesin fotocopy berkualitas? CV. Citra Kencana Abadi tempatnya. Tidak hanya menyediakan berbagai macam mesin fotocopy sesuai kebutuhan, kami juga melayani servis mesin fotocopy. Perlu informasi tambahan? Yuk kunjungi CV. Citra Kencana Abadi sekarang juga.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

4 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

7 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago