Categories: Artikel

Fotocopy KTP Bolak-Balik dengan Mudah: Tips dan Trik Efisien

Permintaan fotokopi KTP, SIM, dan dokumen berharga lainnya semakin meningkat dan Anda ingin memanfaatkan peluang tersebut sebagai ladang bisnis? Pelajari dulu cara fotocopy KTP bolak balik agar pelanggan puas menggunakan jasa Anda. Bisnis Anda akan mendatangkan banyak omzet berkat keterampilan fotokopi yang dimiliki.

Banyak yang mengetahui seperti apa bentuk mesin fotokopi, tapi hanya sedikit yang memahami pengoperasiannya. Namun, Anda sebagai pebisnis fotokopi wajib menguasai berbagai keahlian yang dikerjakan dengan mesin ini. Salah satunya, penggandaan dokumen dengan metode fotocopy bolak-balik yang akan dibahas lengkap di artikel ini.

Bagaimana Cara Fotokopi KTP Bolak Balik dengan Mudah?

Panduan fotokopi di artikel ini tidak hanya berlaku pada KTP. Dokumen berharga lainnya seperti SIM, STNK, NPWP, dan lain-lain dapat difotokopi menggunakan cara ini. Simak panduan lengkap menduplikasi KTP lewat beberapa langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol ON untuk menghidupkan mesin fotokopi. Pastikan jumlah kertas mencukupi dan kondisi mesin dalam keadaan baik.
  2. Buka kap mesin fotokopi, kemudian letakkan KTP atau dokumen lainnya yang ingin digandakan di atas kaca scanner. Posisi dokumen diletakkan di sudut kiri atas kaca scanner. Lalu, tutup ADF atau bagian atas dari penutup mesin fotocopy.
  3. Tekan tombol ‘Paper Select’, kemudian pilih ukuran kertas yang ingin digunakan, misalnya A4.
  4. Pada layar monitor, pilih two-sided (2-2 sided). Opsi ini gunanya untuk menduplikasi dokumen di kedua sisinya dalam satu lembar kertas.
  5. Jika ingin melakukan fotokopi dalam jumlah banyak dan hanya ingin menggunakan satu lembar kertas saja, pilih ‘Image Repeat’.
  6. Masukkan X (maks. 2) dan Y (maks. 4), yaitu jumlah gambar yang ingin dicetak dalam selembar kertas. X menandakan jumlah kolom gambar, sedangkan Y adalah jumlah barisnya. Misalnya, Anda ingin mencetak enam copy, masukkan X=3, Y=2. Kalaupun ingin membuat satu duplikat saja, masukkan X=1, Y=1.
  7. Pilih ‘Text/Photo’ pada layar monitor, kemudian kurangi kontrasnya agar hasil fotokopi tidak terlalu terang.
  8. Tutup kap mesin fotokopi, kemudian tekan ‘Start’. Biarkan proses scanning berlangsung.
  9. Buka kapnya dan balikkan KTP searah jarum jam, kemudian letakkan di pojok bertuliskan A4. KTP harus dibalikkan searah jarum jam agar hasil fotokopinya tidak terbalik.
  10. Tutup kapnya dan tunggu hingga hasil fotokopinya keluar.

Ada dua cara yang bisa diterapkan untuk memfotokopi KTP, yaitu fotokopi horizontal dan vertikal. Perbedaannya terletak pada posisi dokumen di atas kaca scanner, yaitu mendatar atau lurus ke bawah.

Kesalahan yang sering terjadi saat fotokopi KTP bolak-balik adalah hasil yang terpotong atau tidak rata. Untuk mengatasinya, Anda harus menempatkan KTP di posisi yang pas dan tidak miring. Perhatikan juga arah pembalikannya agar posisi di fotokopi tidak berlawanan dokumen aslinya.

Pebisnis fotokopi memerlukan ketelitian dalam menempatkan dokumen yang hendak digandakan, apalagi yang berukuran kecil, supaya hasilnya memuaskan. Latih terus cara menempatkan KTP yang benar agar tidak ada lagi masalah seperti hasil fotokopi terpotong.

Baca Juga: 3 Cara Fotocopy Bolak Balik dengan Mudah

Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Fotocopy Bolak-Balik?

Seperti yagn sudah dijelaskan, fotocopy KTP dan penggandaan dokumen bolak-balik sangat mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukannya sebagai berikut ini:

  1. Hindari meletakkan dokumen pada sisi yang terlalu ujung. Berikan sedikit ruang di sebelah dokumen untuk memberikan margin dan mengurangi kemungkinan mendapatkan hasil fotocopy yang terpotong.
  2. Umumnya, Anda tidak bisa melakukan fotocopy bolak-balik pada kertas yang terlalu tebal;
  3. Saat melakukan fotocopy bolak-balik, pastikan Anda menentukan ukuran kertas yang ingin Anda gunakan. Jika gagal menentukan ukuran kertas, ada kemungkinan Anda akan mendapati kertas yang menyangkut di dalam mesin fotocopy.
  4. Ketika melakukan fotocopy bolak-balik secara otomatis, atau tidak dibolak-balik secara manual, hindari menyentuh kertas sampai fotocopy selesai.

Bagaimana Cara Foto Copy KTP Bolak Balik dengan Menggunakan Printer?

Semisal mesin fotocopy Anda sedang tidak bisa digunakan, Anda tetap dapat melakukan fotocopy KTP bolak-balik dengan menggunakan printer. Berikut adalah tutorial fotocopy KTP bolak balik dengan menggunakan printer Epson:

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa printer Anda sudah berfungsi dengan baik. Anda bisa melakukan print test page untuk memastikan bahwa printer Anda bisa mencetak dengan baik;
  2. Buka penutup printer untuk mengakses kaca atau jendela scanner printer. Letakkan KTP di salah satu sudut jendela scanner;
  3. Tekan tombol print untuk memulai proses scanning dan penggandaan dokumen;
  4. Tunggu hingga hasil fotocopy Anda keluar dengan utuh;
  5. Untuk melakukan penggandaan dokumen bolak balik, masukkan kembali kertas hasil fotocopy dan balik KTP Anda serta tempatkan di tempat yang sama pada posisi sebelumnya;
  6. Tekan tombol print atau start lagi untuk memulai proses scanning dan penggandaan dokumen;
  7. Selamat Anda berhasil memfotocopy KTP bolak-balik dengan menggunakan printer.

Apa Saja Kesalahan saat Penggunaan Mesin Fotokopi?

Mesin ini memang kurang familiar digunakan oleh banyak orang, sehingga sering terjadi kesalahan saat penggunaannya. Tenang saja, semua kesalahan tersebut dapat diatasi agar tidak muncul potensi masalah yang lebih serius.

Sebagai pebisnis, Anda tentu harus menghindari kesalahan dalam pemakaian mesin ini agar kegiatan bisnis berjalan lancar. Penguasaan peralatan mesin fotokopi tentu menunjukkan sisi profesional bisnis Anda. Sebisa mungkin hindari beberapa kesalahan pengoperasian mesin fotokopi di bawah ini.

1. Tidak Menggunakan Seluruh Fiturnya

Sebuah kesalahan besar apabila Anda tidak menguasai berbagai fitur menarik dalam mesin fotokopi. Faktanya, mesin ini menyimpan banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan sebagai jasa tambahan bisnis Anda.

Anda mungkin tertarik pula pada fungsi tambahan mesin fotokopi modern, yakni bisa mencetak (print) dokumen dari komputer bahkan HP.

Selain itu, mesin ini berperan pula sebagai scanner atau pemindai dokumen hard file ke bentuk soft file. Masih banyak lagi fitur atau fungsi ajaib yang tersedia dalam satu mesin fotokopi ini.

Atasi kesalahan ini dengan mempelajari buku panduan penggunaannya sehingga mesin fotokopi dapat digunakan secara maksimal.

2. Ruang yang Terlalu Sempit

Jangan memasang mesin fotokopi pada ruang yang sempit sebab Anda tidak akan leluasa saat mengoperasikannya. Space yang terlalu kecil dapat menyebabkan mesin fotokopi jadi cepat panas (overheat) akibat kecilnya aliran udara. Apabila dibiarkan, mesin fotokopi bisa terbakar sewaktu-waktu sehingga harus diservis.

Sebelum membeli mesinnya, Anda harus menyediakan ruang yang cukup untuk menempatkannya. Pastikan pula area pemasangan mesin fotokopi aman untuk ditempati. Periksa kekuatan power supply stopkontak yang akan digunakan, mengingat mesin fotokopi membutuhkan daya yang cukup besar.

3. Mengabaikan Jenis atau Ukuran Kertas

Kesalahan ketiga adalah tidak memerhatikan jenis dan ukuran kertas yang dimasukkan ke dalam rak mesinnya. Perlu dipahami, tidak semua jenis kertas cocok digunakan untuk fotokopi. Adapun beberapa kertas yang dapat dipilih untuk mesin fotokopi adalah kertas HVS (putih dan berwarna), manila, buffalo, concorde, dan kertas buram.

Selain itu, ukuran kertas yang pas untuk mesin fotokopi pun terbatas, seperti kuarto, A4, F4, B5 dan lain-lain. Hindari kesalahan ini dengan mencari informasi jenis serta ukuran kertas yang tepat untuk mesin fotokopi. Jaga pula persediaan kertas dalam raknya agar tidak berkurang.

Baca Juga: Cara Setting Kertas di Mesin Fotocopy

Itulah panduan lengkap cara fotocopy KTP bolak balik di atas serta kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan mesinnya. Bisnis fotocopy terbaik membutuhkan supplier mesin fotokopi tepercaya, yakni CV. Citra Kencana Abadi. Kami menyediakan paket usaha mesin fotokopi yang sesuai budget usaha fotokopi Anda. Tunggu apalagi, dapatkan mesin fotocopy yang Anda inginkan sesegera mungkin hanya dengan menghubungi tim kami.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

3 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

4 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

7 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

1 minggu ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago