Categories: Artikel

Panduan Mudah: Cara Fotocopy Diperkecil dengan Langkah Sederhana

Bagaimana cara fotocopy diperkecil? Mungkin sebagian besar orang masih belum mengetahui bahwa kemajuan teknologi fotocopy saat ini dapat digunakan untuk berbagai hal, salah satunya mengubah ukuran dokumen yang akan dicetak. Mesin fotocopy dapat digunakan untuk memperkecil dokumen dari ukuran aslinya sebelum disalin.

Sehingga, Anda dapat memuat dokumen dari dua halaman yang berbeda menjadi satu halaman saja. Termasuk pula pada fotocopy beberapa gambar dengan ukuran besar. Untuk mengetahui cara fotocopy diperkecil, berikut informasi lengkapnya.

Bagaimana Cara Memperkecil Hasil Fotocopy?

Saat ini seluruh mesin fotocopy telah dilengkapi dengan fitur yang membolehkan perubahan ukuran dokumen, seperti memperbesar dan memperkecil. Adapun cara fotocopy diperkecil yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Cara Menggunakan Fitur Scan

Cara fotocopy diperkecil yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur scan pada mesin fotocopy.  Untuk menggunakan fitur ini, mesin fotocopy yang juga berfungsi sebagai printer, harus terhubung dengan laptop atau komputer. Sehingga, hasil scan sebelumnya dapat diubah melalui perangkat komputer atau laptop.

Apabila mesin telah terhubung dengan perangkat, Anda dapat melakukan  cara berikut ini:

  1. Pertama, buka dokumen melalui perangkat dan klik pada pilihan property device dan pilih page setup
  2. Kedua, pada menu page setup klik pada pilihan page layout. Perangkat akan menampilkan beberapa menu baru untuk mengatur hasil scan dokumen. 
  3. Ketiga, Anda dapat memilih berbagai ukuran untuk dokumen seperti ukuran normal, fit to page, scaled, dan lain sebagainya.

Langkah tersebut dapat digunakan untuk mengatur besar kecilnya dokumen yang akan disalin maupun dicetak. Setelah melakukan tahapan di atas, Anda dapat mulai mencetak dokumen sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. 

2. Cara Menggunakan Fitur Ratio

Selain memanfaatkan fitur scan pada mesin yang terhubung dengan perangkat, Anda juga dapat menggunakan fitur ratio yang terdapat pada mesin fotocopy. Fitur ratio dapat digunakan pada sebagian besar mesin bahkan hampir semua mesin fotocopy. Cara yang dilakukan pun cukup mudah, berikut merupakan cara fotocopy diperkecil dengan fitur tersebut:

  1. Temukan fitur ratio pada mesin fotocopy dan klik pada fitur tersebut. 
  2. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan ukuran yang dapat Anda gunakan untuk memperkecil dan memperbesar halaman dokumen dalam bentuk persentase. Dalam bagian ini, pilih persentase yang sesuai dengan kebutuhan ukuran dokumen. 
  3. untuk memperkecil fotocopy, klik tanda (-) pada mesin fotocopy atau langsung klik pada pilihan persentase yang tersedia di layar. 
  4. Setelah itu, klik OK dan pastikan hasilnya sesuai dengan kebutuhan. 
  5. Apabila sudah sesuai, klik salin dan fotocopy sesuai dengan jumlah yang diinginkan. 

Baca Juga: Pelajari Cara Setting Mesin Fotocopy Ke Komputer Dengan Benar

Sebelum menyelesaikan proses fotocopy, lakukan reset pada mesin fotocopy terlebih dahulu, agar ketika dilakukan proses penyalinan maupun percetakan kembali, dokumen yang disalin dapat dihasilkan dalam ukuran normal. Tidak perlu khawatir, saat dibutuhkan, Anda dapat mengatur ulang nanti ketika akan melakukan fotocopy dengan ukuran yang diperkecil.

Jadi itulah cara fotocopy diperkecil yang mudah dan dapat Anda coba. Setelah ini, Anda tidak lagi kesulitan ketika harus mencetak beberapa halaman atau gambar yang cukup besar dalam satu halaman, sebab seluruh informasi cara memperkecil ukuran dokumen telah tersedia pada artikel ini. 

Bagi Anda yang membutuhkan mesin fotocopy dengan hasil cetak yang jernih dan berkualitas, Canon 1643i DADF dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan usaha percetakan hingga kantor. Dapatkan mesin fotocopy Canon pada distributor resmi agar lebih tepercaya dan menghindari terjadinya penipuan. 

Citra Kencana Abadi merupakan distributor resmi Canon yang menyediakan segala seri mesin fotocopy Canon dan berbagai kebutuhan alat fotocopy lainnya dengan harga yang terjangkau. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lengkap seputar kelengkapan peralatan fotocopy.

Citra Kencana Abadi

Distributor resmi mesin fotocopy CANON. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, kami menyediakan mesin fotocopy baru dan juga rekondisi import.

Recent Posts

Cara Merawat Mesin Fotocopy agar Pemakaian Tetap Awet

Mesin fotocopy adalah alat yang sangat penting, terutama bagi bisnis yang bergantung pada dokumen cetak…

2 hari ago

Keuntungan Menyewa Mesin Fotocopy Dibanding Membeli

Dalam dunia bisnis, pengambilan keputusan yang tepat sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan. Salah satu…

3 hari ago

Panduan Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha Kecil

Memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha kecil tidak hanya bergantung pada harga, tetapi juga…

6 hari ago

Panduan Lengkap Harga Mesin Fotocopy Canon Tahun 2024

Apakah Anda sedang mencari mesin fotokopi Canon untuk bisnis atau kantor Anda di tahun 2024?…

7 hari ago

Daftar Harga Mesin Fotocopy Terbaru Untuk Usaha atau Perkantoran

Mesin fotocopy Canon terkenal dengan kecepatan, kualitas hasil copy, dan kemudahan mendapatkan suku cadang. Berikut…

1 minggu ago

Top 7 Mesin Fotocopy Terbaik untuk Mengoptimalkan Usaha Anda di 2024

Bisnis fotocopy menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan meskipun era digitalisasi kian berkembang. Sebab,…

4 minggu ago